Rabu, 25 September 2019

Tugas 1 MSDM

Cut Nurul Farhana
21216653
4EB03




BAGAIMANA CARA MEMPERSIAPKAN SIKAP PADA SAAT WAWANCARA ONLINE MAUPUN OFFLINE 
 


ONLINE


   Dalam proses rekruitmen di era digital seperti sekarang ini, tidak jarang perusahaan melakukan wawancara jarak jauh melalui online dengan para kandidat yang berada di luar kota atau bahkan negara lain. Biasanya, perusahaan yang melakukan wawancara online bukanlah perusahaan biasa dan umumnya berskala multinasional. Selain lebih menghemat waktu dan biaya, cara ini juga digunakan untuk menjaring lebih banyak kandidat dari segala pelosok daerah. Skype merupakan media komunikasi online yang sering dimanfaatkan pihak perusahaan untuk melakukan wawancara jarak jauh
    Meski tidak tatap muka, bukan berarti wawancara online ini lebih mudah diakali. Justru akan ada banyak tantangan dan gangguan yang bisa saja mengganggu kelancaran wawancara. Pastikan hal-hal ini sudah kamu penuhi, ya!

 1. Pastikan kestabilan koneksi internet juga peralatan pendukung lain dalam keadaan baik untuk mencegah gangguan teknis komunikasi
Koneksi internet adalah hal paling utama yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara online. Berikan kesan profesional dengan menyiapkan peralatan presentasi sebaik mungkin. Seperti misalnya gadget yang digunakan, aplikasi pendukung video call, speaker atau headset, kamera, pencahayaan, dan pengaturan lain yang memengaruhi proses video call.

2. Pilihlah tempat yang mendukung, memiliki background  untuk wawancara yang bagus dan tidak gaduh
Pilih lokasi yang netral, kalau bisa dengan latar belakang dinding ruangan untuk menghindari gangguan orang-orang yang lewat di belakangmu. Duduklah di depan jendela atau dengan cahaya mengarah ke wajah. Atau, simpan dua lampu di sisi kanan dan kiri monitor untuk menerangi wajah jika ruangan dalam keadaan gelap.

3. Tetap perhatikan penampilan dengan mengenakan busana formal yang mencerminkan seorang pekerja
Demi mendapatkan kesan profesional, sebaiknya gunakan baju formal layaknya busana wawancara secara tatap muka. Kamu harus tetap berdandan, berbusana rapi, sopan dan formal. Gunakan atasan berwarna netral dan tidak terlalu mencolok seperti putih, abu-abu, cream, atau biru muda.

4. Posisikan diri sebaik mungkin mulai dari tampilan di kamera hingga bahasa tubuh yang juga akan dinilai oleh pewawancara
Pastikan posisi kamera sudah benar dan membuat wajah terlihat dengan jelas. Posisikan kamera agar pas dengan wajah dan memperlihatkan kesan profesional di dalam dirimu. Usahakan agar pewawancara bisa melihatmu setengah badan atau sebatas siku. Duduklah dengan tegak dan tenang, jangan terlalu dekat dengan kamera.

5. Lihatlah ke arah kamera, bukan melihat wajah pewawancara atau justru sibuk memerhatikan diri sendiri di layar kamera
Kebanyakan orang menatap lawan bicaranya di layar komputer mereka. Padahal, untuk melakukan imitasi kontak mata dalam percakapan video call, kamu harus menatap ke arah kamera komputermu.. Selain pewawancara akan menilaimu narsis, terlalu sering memandangi diri sendiri juga akan membuatmu menjadi kurang konsentrasi dalam melakukan presentasi atau menjawab pertanyaan. Boleh sesekali memandang diri sendiri untuk mengoreksi posisi, namun lebih banyaklah menatap pewawancara ke arah kamera.



OFFLINE


Agar mantap menghadapi wawancara kerja, persiapan utama yang umum dilakukan seorang kandidat adalah memprediksi pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara, kemudian berlatih menjawabnya. Informasi mengenai kisi-kisi pertanyaan wawancara ini tentunya bisa ditemukan di situs Jobplanet. Akan tetapi, terlalu fokus memberi jawaban yang memuaskan sering kali membuat kandidat lupa akan hal lain yang juga tak luput dari penilaian perusahaan, yakni bahasa tubuh. Tanpa disadari, sekecil apapun bahasa tubuh yang Anda tunjukkan mengandung arti tertentu yang bisa memengaruhi peluang Anda untuk diterima bekerja
     Saat melakukan wawancara pekerjaan terdapat hal-hal yang wajib Anda cermati, salah satunya adalah bahasa tubuh. Dari survei yang ada menunjukkan sebanyak 55% bahasa tubuh mempengaruhi penilaian kepada kandidat saat wawancara pekerjaan, selebihnya dan suara sebanyak 38%. Lantas seperti apa bahasa tubuh yang baik yang secara efektif bisa diterapkan oleh Anda saat wawancara pekerjaan?

5 tips berikut ini diharapkan bisa membantu Anda saat wawancara pekerjaan:

1.Tas dan barang bawaan
KeTika sudah waktunya Anda dipanggil dan siap untuk melakukan wawancara pekerjaan, pilihlah posisi tempat duduk yang cocok untuk Anda sesuai dengan rekomendasi dari pewawancara, kemudian simpan dan letakkan semua barang bawaan Anda mulai dari smartphone dan lainnya didalam tas dan letakan di kursi samping Anda. Jauhkan diri Anda dari semua perlengkapan yang ada dan fokuskan diri Anda kepada pewawancara.
2. Pandangan mata
Hal yang satu ini juga wajib untuk dicermati yaitu pandangan mata, hindari terlalu lama menempatkan pandangan mata kepada pewawancara, jangan lakukan juga kebiasaan melotot, menghindari pandangan mata ke seluruh ruang dan lainnya. Cara ampuh yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ke alis, hidung atau lemparkan juga pandangan mata Anda ke pewawancara yang lain jika di ruangan tersebut terdapat 2 orang.
3.Gerakan tangan
Saat mulai berbicara atau menceritakan ada beberapa kebiasaan dari orang yaitu menggerakan tangan terlalu sering dan berlebihan, hal ini wajib Anda perhatikan jika sedang melakukan wawancara pekerjaan. Hindari melakukan gerakan terlalu banyak dengan kedua tangan Anda yang nantinya bisa diartikan Anda terlalu antusias dan tidak tenang.
4. Menganggukkan kepala
Yang perlu diperhatikan juga saat melakukan wawancara adalah kebiasaan mengangguk-anggukkan kepala saat pewawancara sedang menjelaskan sesuatu kepada Anda. Pastikan Anda menyadari kebiasaan tersebut dan kontrol sebaik mungkin kebiasaan tersebut saat sedang melakukan wawancara pekerjaan.
5. Jaga jarak
Perhatikan posisi tubuh Anda dengan pewawancara saat sedang melakukan wawancara pekerjaan, upayakan agar posisi duduk Anda tidak berubah hindari untuk merubah posisi seperti duduk terlalu dekat yang terkesan Anda sedikit menganggung atau duduk terlalu jauh yang terkesan Anda menghindari si pewawancara.


Referensi:

1. Sopan menyambut pewawancara Menjaga sikap dan bahasa tubuh yang baik bukan dimulai ketika bertemu dengan pewawancara, melainkan sejak Anda menginjakkan kaki di lokasi wawancara. Mulailah dengan menyapa ramah sat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/04/110000026/5-tips-bahasa-tubuh-yang-baik-saat-wawancara-kerja?page=all.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/04/110000026/5-tips-bahasa-tubuh-yang-baik-saat-wawancara-kerja?page=all.
Agar mantap menghadapi wawancara kerja, persiapan utama yang umum dilakukan seorang kandidat adalah memprediksi pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara, kemudian berlatih menjawabnya. Informasi mengenai kisi-kisi pertanyaan wawancara ini tentunya bisa ditemukan di situs Jobplanet. Akan tetapi, terlalu fokus memberi jawaban yang memuaskan sering kali membuat kandidat lupa akan hal lain yang juga tak luput dari penilaian perusahaan, yakni bahasa tubuh. Tanpa disadari, sekecil apapun bahasa tubuh yang Anda tunjukkan mengandung arti tertentu yang bisa memengaruhi peluang Anda untuk diterima bekerja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/04/110000026/5-tips-bahasa-tubuh-yang-baik-saat-wawancara-kerja?page=all.
gar mantap menghadapi wawancara kerja, persiapan utama yang umum dilakukan seorang kandidat adalah memprediksi pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara, kemudian berlatih menjawabnya. Informasi mengenai kisi-kisi pertanyaan wawancara ini tentunya bisa ditemukan di situs Jobplanet. Akan tetapi, terlalu fokus memberi jawaban yang memuaskan sering kali membuat kandidat lupa akan hal lain yang juga tak luput dari penilaian perusahaan, yakni bahasa tubuh. Tanpa disadari, sekecil apapun bahasa tubuh yang Anda tunjukkan mengandung arti tertentu yang bisa memengaruhi peluang Anda untuk diterima bekerja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/04/110000026/5-tips-bahasa-tubuh-yang-baik-saat-wawancara-kerja?page=all.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar