1.) Dalam
ilmu
ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau
jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis
kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy
yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Dalam
ekonomi kapitalis,
di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk
mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan
operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang
mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja.
Menurut Steinford Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan
konsumen.
2.) Klasifikasi Bisnis.
Bisnis terdiri
dari berbagai jenis, bisnis dapat dikelompokkan dengan
cara yang berbeda .Terdapat 2 cara mengklasifikasikan bisnis yaitu :
a. Berdasarkan aktivitas yang dilakukannya.
b.
Berdasarkan Tempatnya.
a. Bisnis berdasarkan aktivitasnya terdiri dari 9 macam, yaitu :
- Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan baku atau komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
- Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
- Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
- Pertanian dan usaha pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.
- Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
- Informasi Bisnis adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual properti).
- Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
- Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.
- Bisnis transportasi adalah keuntungan bisnis dengan memberikan barang atau individu dari sebuah lokasi yang lain.
b. Bisnis berdasarkan tempatnya yaitu:
- · Bisnis Rumahan, merupakan suatu kegiatan produksi,distribusi dan konsumen suatu barang yang dilakukan di rumah.
- · Bisnis Online, merupakan kegiatan jual-beli yang dilakukan secara online dan di distribusikan melalui jasa pengiriman barang.
3.)
Karakteristik Sistem Bisnis.
- Kompleksitas dan Diversitas, yaitu bisnis muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk-produk elektronik. Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau go international memilik perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghasapi perbedaan dalam perilaku konsumen, perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh negara tujuan.
- Saling bergantung (Interdependen), yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain. Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
- Perubahan dan Inovasi, sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun, dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelanggan. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen. Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend, atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembagan teknologi yang semakin canggih.
4.) Menurut
pendapat saya bisnis sangatlah berperan besar dalam kehidupan masyarakat, baik
yang mempunyai perusahan perorangan, perusahaan besar ,atau bahkan dalam
kehidupan pribadi. karena tanpa kita sadari kita mungkin pernah melakukan kegiatan
bisnis, contohnya pada diri saya sendiri , saya telah melakukan kegiatan bisnis
dengan berkuliah di Universitas Gunadarma, saya mendapatkan ilmu dari
Universitas Gunadarma,dan Universitas Gunadarma mandapatkan materi dalam bentuk
uang.Di kehidupan sekitar kita sendiri tentunya banyak sekali bentuk-bentuk
kegiatan bisnis,mulai dari bisnis dalam bentuk kuliner, industri, jasa,dan
masih banyak lagi.Di Indonesia sendiri bisnis dalam bentuk transportasi jasa sedang diminati
oleh banyak orang,contohnya adalah "Ojek Online" .Ojek online sendiri dapat dikatakan cukup menarik perhatian masyarakat
khususnya pemuda pemudi yang belum memiliki pekerjaan,hanya bermodalkan
kendaraan bermotor,surat-surat kendaraan bermotor , dan smartphone mereka
sudah boleh mendaftar pada perusahaan ojek online tersebut dan dapat
menjalankan pekerjaanya.Peminat ojek online pun juga cukup banyak dikarenakan 1.harganya
yang terjangkau (disesuaikan dengan jarak) ,2.cepat,
karena driver-driver ojek online bisa dikatakan hampir ada di semua tempat dan cocok
bagi orang-orang yang sedang terburu-buru, dan 3.efektif, karena kita bisa memesannya langsung di rumah kita
atau di tempat mana saja kita berada dengan menggunakan aplikasi ojek online tersebut,setelah
itu kita tinggal menunggu driver ojek
online tersebut datang ke lokasi kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar